Selasa, 23 Oktober 2018

Film Down a Dark Hall (2018)

 
Ayah Kit meninggal. Ibu Kit menikah lagi. Kit beberapa kali melakukan kenakalan remaja. Ia dikirim ke sekolah asrama Blackwood yang dipimpin Madame Duret. Ini adalah sekolah untuk anak-anak bermasalah. Kit datang sehari sebelum siswi-siswi lain datang. Hal aneh pertama, Miss Orlonsky, asisten Duret memberinya pil pada Kit sebagai pengobatan. Malam harinya Kit bermimpi mendengar suara-suara diluar kamar. Setelah kembali ke tempat tidur, ia melihat sosok seperti dirinya sedang melihatnya.

Esok pagi, siswi-siswi lainnya datang. Mereka adalah Ashley, Veronica, Sierra, Izzy. Duret mulai memberitahukan peraturan-peraturan sekolah. Mereka dilarang membawa ponsel. Pelajaran mereka hanya empat: Aritmetika, Seni, Literasi, dan Musik. Tak ada yang istimewa di awal-awal mereka belajar. Namun setelah beberapa hari, keadaan semakin berubah. Bakat musik Kit meningkat pesat. Puisi Ashley membuat Sinclair kagum. Lukisan Sierra mendekati karya maestro. Izzy menemukan persamaan-persamaan matematika ala seorang genius. Kit merasa ada yang tak beres dengan bakat mereka. Kesemuanya melakukan kegeniusan mereka seperti orang kesurupan.

Kit sering mendengar nama Elizabeth dari mulut Ashley. Kit heran melihat inisial TC pada lukisan Sierra. Ia mencari referensi nama-nama pelukis di perpustakaan. TC adalah singkatan dari Thomas Cole, pelukis yang wafat tahun 1800-an, umur 46 tahun. Elizabeth Webb sendiri adalah panyair ternama; mempunyai keunikan di jamannya. Sedangkan bagi dirinya sendiri, Kit merasa membuat komposisi sama seperti yang dibuat Wilhelm Kestler. Veronica tidak percaya pada penjelasan Kit. Ia meninggalkannya sendirian di perpustakaan. Saat sendirian, Kit mendengar suara ketukan. Ia mencari sumber suara dan berhenti di depan jendela kaca. Ratusan burung-burung menghantam kaca, mencoba masuk. Ketika kaca pecah dan burung-burung itu masuk. Kit melihat keadaan kembali seperti semula. Kaca masih utuh dan burung-burung sudah pergi. Kit melihat sosok-sosok hitam ketika tiba di lorong. Sebuah wajah seram berteriak di dekatnya. Kit terjatuh tertutup kain. Veronica datang membuka kainnya.

Veronika dan Kit bersepakat turun ke ruang bawah. Kit membaca beberapa file tentang siswi-siswi yang pernah belajar disana. Salah satu dari mereka ada yang bunuh diri. Beberapa saat, telinga mereka mendengar suara dari pintu masuk. Veronica menyuruh Kit bersembunyi, sedangkan ia berpura-pura sendirian disana. Duret marah dan mengatakan akan memberikan Veronica pada mereka. Kit merasa gedung bergetar. Diluar sana guntur beberapa kali bergema. Sesudah goncangan reda, Kit mendengar suara piano dari sebuah ruangan. Ia mendatangi ruangan itu dan melihat pria dalam pakaian model lama sedang memainkan piano. Kit duduk di samping pria itu dan mulai memainkan piano. Orang-orang dengan pakaian-pakaian pesta masuk ke ruangan dan berdansa dengan iringan Kit. Suasana ruangan berubah bersinar putih. Kit melihat sekitarnya dan menyadari bahwa dia hanya berada di ruangan berlampu temaram dengan Jules di depannya sedang merekam permainan pianonya.

Kit marah dan bertanya dimana Veronica. dari tangga putar, guru-gurunya mendatanginya. Madame Duret menjelaskan bahwa Kit dan beberapa temannya adalah media dari artis-artis mestro yang meninggal di usia muda. Lewat tubuh mereka, artis-artis itu meneruskan dalam menghasilkan karya-karya. Kit marah dan akan meninggalkan sekolah itu. Ketika sampai di depan kamarnya, ia mendengar rintihan Ashley.

Ashley depresi karena tidak dapat mengarang puisi atas bantuan Elisabeth lagi. Ia bunuh diri dengan menjatuhkan diri ke greenhouse. Jules memberikan kunci kantor ke Kit. Gadis itu lantas pergi ke kantrol mengambil ponsel dan menelepon bantuan. Kit pergi mencari teman-temannya yang lain. Sierra mati di kamarnya. Kit mengajak Izzy yang depresi keluar kamar. Kit menemukan Veronica berada di ruangan tertutup dengan lilin-lilin mengelilinginya. Wajahnya seperti iblis. Sosok-sosok dalam jumlah banyak muncul dari kegelapan. Kit ketakutan dan mundur; kakinya tanpa sengaja menjatuhkan lilin. Api segera berkobar di sekeliling ruangan. Kit berusaha menyadarkan Veronica. Ia menggendongnya keluar dari ruangan. Kita melihat Miss Orlonsky hendak membunuh Jules dengan patahan tangga. Kit menghantamkan kayu pada Miss Orlonsky.

Madame Duret tahu adanya kebakaran. Ia berusaha menyelamatkan karya maestro murid-muridnya dulu sebelum pergi dari gedung sekolah. Di tengah jalan, Madame Duret dikeroyok oleh sosok-sosok yang merasuki murid-muridnya. Ia berhasil melarikan diri sampai ujung tangga sebelum terbakar habis. Jules yang melihat ibunya dari bawah berlari hendak menyelamatkan ibunya dan tertimpa rerentuhan kayu atap.

Kit bangun dari pingsan. Tangan arwah ayahnya ada di depannya. Kit ingin mengikuti kemana ayahnya pergi, tetapi ayahnya melarangnya. Kit bangun di sebuah ambulan di dampingi ibunya yang tadinya datang bersama dengan polisi.

Para Pemain:

  1. AnnaSophia Robb sebagai Katherine "Kit" Gordy
  2. Uma Thurman sebagai Madame Duret
  3. Victoria Moroles sebagai Veronica
  4. Isabelle Fuhrman sebagai Izzy
  5. Taylor Russel sebagai Ashley
  6. Rosie Day sebagai Sierra
  7. Jodhi May sebagai Dr Heather Sinclair (Guru Literasi)
  8. Rebecca Front sebagai Miss Orlonsky (Asisten Kepala Sekolah)
  9. Pip Torens sebagai Profesor Farley (Guru Aritmetika)
  10. Noah Silver sebagai Jules Duret (Guru Musik)

Film Down a Dark Hall (2018) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar